prusyaria.wordpress.com

Saturday, May 14, 2011

Jebakan Operator Seluler


Ternyata banyak cara untuk mendapatkan banyak uang. Termasuk dengan menipu pelanggannya sendiri. Hal ini terutama terjadi disektor telekomunikasi khususnya industri seluler prabayar.

Mengapa? Karena kita sebagai pelanggan tidak punya akses sama sekali untuk melihat biaya atas pemakaian jasa telekomunikasi yang kita lakukan. Belum lagi kamuflase yang dilakukan dengan modus lain yang semakin berkembang. Tidak seperti dulu yang pulsa tiba2 hilang, sekarang ini penipuan pulsa semakin cantik. lihat saja kasus padathree @detik.com, xl @detik.com, atau telkomsel @forumponsel. Semuanya dengan gaya yang semakin cantik.

Belum lama saya juga terpaksa harus mengalami masalah yang sama. saya terkejut ketika mengetahui untuk pemakaian telp telkom lokal saya dikenakan biaya Rp. 1100,- dari Rp. 400,- seharusnya. Begitu telpon ke CS, di katakan ada kesalahan sistem. Coba bayangkan, berapa rupiah yang didapatkan karena kesalahan sistem. Karena tidak semua pengguna seluler prabayar punya waktu untuk cek penggunaan setiap habis telpon. Dan hal ini yang mungkin dilakukan oleh operator seluler untuk meraup keuntungan lebih.

Seharusnya pemerintah menyikapi sungguh2 masalah yang terjadi di industri seluler di Indonesia. Kerugian masyarakat akibat praktik seperti ini luar biasa besarnya. Karena pengguna tidak pernah punya catatan langsung. Sebaiknya mulai dipikirkan agar setiap pengguna dapat mengakses transaksi seluler yang dilakukan dengan sistem web based. Dengan demikian transparansi antara operator dengan pengguna dapat terjaga, dan terjalin loyalitas &hubungan saling percaya



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for Blogger, Wordpress ...

Jebakan Operator Seluler


Ternyata banyak cara untuk mendapatkan banyak uang. Termasuk dengan menipu pelanggannya sendiri. Hal ini terutama terjadi disektor telekomunikasi khususnya industri seluler prabayar.

Mengapa? Karena kita sebagai pelanggan tidak punya akses sama sekali untuk melihat biaya atas pemakaian jasa telekomunikasi yang kita lakukan. Belum lagi kamuflase yang dilakukan dengan modus lain yang semakin berkembang. Tidak seperti dulu yang pulsa tiba2 hilang, sekarang ini penipuan pulsa semakin cantik. lihat saja kasus padathree @detik.com, xl @detik.com, atau telkomsel @forumponsel. Semuanya dengan gaya yang semakin cantik.

Belum lama saya juga terpaksa harus mengalami masalah yang sama. saya terkejut ketika mengetahui untuk pemakaian telp telkom lokal saya dikenakan biaya Rp. 1100,- dari Rp. 400,- seharusnya. Begitu telpon ke CS, di katakan ada kesalahan sistem. Coba bayangkan, berapa rupiah yang didapatkan karena kesalahan sistem. Karena tidak semua pengguna seluler prabayar punya waktu untuk cek penggunaan setiap habis telpon. Dan hal ini yang mungkin dilakukan oleh operator seluler untuk meraup keuntungan lebih.

Seharusnya pemerintah menyikapi sungguh2 masalah yang terjadi di industri seluler di Indonesia. Kerugian masyarakat akibat praktik seperti ini luar biasa besarnya. Karena pengguna tidak pernah punya catatan langsung. Sebaiknya mulai dipikirkan agar setiap pengguna dapat mengakses transaksi seluler yang dilakukan dengan sistem web based. Dengan demikian transparansi antara operator dengan pengguna dapat terjaga, dan terjalin loyalitas &hubungan saling percaya